Bu Hera Pindah Agama Karena Kekuasaan

Sebelumnya perlu saya jelaskan bahwa tulisan ini tidak bermaksud menjadikannya sebagai isu SARA, karena NKRI dengan Pancasila sudah merupakan komitmen final bagi kita semua. Tulisan ini hanya mencoba mengemukakan fakta yang sebenarnya, munculnya fenomena pindah agama karena motivasi kekuasaan, agar tidak menjadi isu politik yang menjatuhkan karena dalam Pemilu isu ini cukup penting mengingat mayoritas penduduk negeri ini beragama Islam, wacana ini tentu dalam ranah primordial yang masih kental di negara ini.

herawatiBoedionoDLM
Pernyataan kalau isteri Boediono Bu Hera beragama Katolik berasal mula dari pemberitaan di Tabloid INDONESIA MONITOR Edisi “MEMBONGKAR KEDOK BOEDIONO”, Terbit Selasa, 2 Juni 2009. Isi pemberitaan ini memuat dua saksi atau pendapat yaitu Presiden Ikhwanul Muslimin Indonesia (IMI) Habib Husein Al-Habsyi dan Prof Suparman Direktur Pascasarjana Universitas Tarumanegara.

Pernyataan ke dua tokoh tersebut tidak diragukan lagi, seandainya pemberitaan Tabloid Indonesia Monitor ini tidak benar atau fitnah tentu pihak Tim Sukses SBY atau The Fox sudah melakukan tindakan somasi baik kepada Tabloid Indonesia Monitor maupun kepada Presiden Ikhwanul Muslimin Indonesia (IMI) Habib Husein Al-Habsyi dan Prof Suparman Direktur Pascasarjana Universitas Tarumanegara.

Pemberitaan Tabloid Indonesia Monitor ini terjadi pada tanggal 2 Juni 2009, tetapi klarifikasi atau sorotan atas isu ini tidak pernah diributkan oleh Tim Sukses SBY, ujuk-ujuk pada masa kampanye SBY di Sumbar Presiden Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring menegaskan bahwa Ibu Herawati yang merupakan istri calon wakil presiden Boediono adalah benar-benar seorang muslimah karena dia pernah belajar mengaji kepada seorang kader PKS di Jakarta.kompas.com, Minggu, 21 Juni 2009 | 23:48 WIB. Dan pada tanggal 25/6 sesuai pemberitaan detik.com Bu Hera dengan berkerudung warna merah muda menghadiri silaturahim bersama 1.000 muslimah di Gedung Cut Nyak Dien di kompleks Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/6/2009). Dari pemberitaan ini secara jelas Bu Hera Mengaku muslimah.

herawaty
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bu Hera baru masuk Islam pada Bulan Juni ini. Motivasi ini tentu bisa dipahami, jangankan isu Bu Hera beragama Katolik bisa menurungkan secara drastis elaktibilitas SBY, isu jilbab saja sudah diantifikasi SBY dengan isterinya Ibu Kristiani ikut-ikutan memakai jilbab, kita tunggu saja mungkin besok Bu Hera juga sudah pake jilbab. Artinya motivasi pindah agama ini karena mengejar kekuasaan.

Kejadian ini sebenarnya hanya peristiwa pengulangan saja, seperti yang dilakukan Ibu Kristiani Yudhoyono pada tahun 2004, di mana menjelang Pilpres 2004 isu ini juga cukup santer kalau Bu Kristiani beragama Kristen. Jangan kaget anda mendengar cerita ini, secara sederhana di mana pun di muka bumi tidak ada wanita muslimah memakai nama atau bernama “Kristiani”, nama bagi seorang muslim itu sangat penting karena merupakan doa. Artinya jika ada orang tua muslim memberi nama anaknya “Kristiani” itu berarti orang tuanya dan bagi orang lain mendoakannya agar kelak menjadi kristiani (penganut kristiani).

Harus diakui memang berat bagi mereka yg tadinya beragama non muslim untuk dapat meraih simpati pemilih. Sehingga sangat disadari dan harus direlakan oleh saudaranya yang seiman jika kemudian mereka yang non muslim akan berpindah agama menjadi muslim jika sudah ingin meraih kekuasaan negara.

Lalu kenapa baik Bu Hera maupun Bu Kristiani masuk Islam lalu tidak mengganti nama agar lebih islami seperti para muallaf lainnya ? Kalau mereka melakukan itu, tentu mereka ketahuan kedoknya kalau memang sebelumnya beragama non muslim, dalam masyarakat kita terutama kalangan muslim perkawinan beda agama dianggap tercela atau zina di dalam Islam. Kalau ini terjadi berarti dengan status muallaf artinya sebelum itu baik SBY maupun Boediono terikat perkawinan beda agama dan dalam status zina.

Herannya baik SBY di tahun 2004 maupun Boediono pada masa Pilpres ini, sama-sama tidak melakukan klarifikasi resmi, misalnya dalam bentuk konfrensi pers, kalau tuduhan isteri mereka non muslim adalah tidak benar, padahal untuk isu lain yang lebih ringan mereka selalu melakukan klarifikasi di depan para wartawan. Semoga postingan ini bisa menjelaskan kondisi sebenarnya, bagaimanapun sebagai sesama muslim saya bersukur Bu Kristiani Yudhoyono dan Bu Herawaty Boediono sudah memeluk agama Islam, walaupun motivasinya karena kekuasaan, semoga motivasi ini keduanya menemukan makna sejati sebagai muslimah.

Apa pun itu semuanya Ilahirajiun.

About these ads

68 Tanggapan to “Bu Hera Pindah Agama Karena Kekuasaan”

  1. Percayalah jika tuhan akan menunjukkan jalan yg terbaik buat bangsa ini, sbgai org awam sy hanya bs berikhtiar aja,

  2. baguslah, sebaiknya terus melakukan bimbingan agama islam kepadanya

  3. Makanya…jangan pilih yang karena kekuasaan lantas pindah agama tapi pilihlah pasangan yang taat agamanya dan mempunyai Isteri yang Solehah, Insya Allah Indonesia menjadi negara yang Baldatun Tayyibatun Wa Rabbun Gafur dan di Ridhoi Allah SWT, Amin……….

  4. kabariberita Berkata

    kalau saya lebih kecewa kepada PKS..ironis mereka makin salah langkah….

  5. pindah agama umumnya melalui proses dialektika yg melelahkan, sehingga betul2 mendapat hidayah dan “bertemu” dg Allah, jika motifnya politik dan tertekan, wallahu a’lam, kt beri kebebasan masyarakat utk memberikan penilaian.
    JK Wiranto selain representasi ummat ialah sosok yg dapat mempertemukan keragaman bangsa, semoga

  6. sebenarnya NKRI ini secara de facto sudah diperintah dan dikuasai oleh orang-orang kristen dan yahudi…. walau pun, presiden, wapres, menteri2nya, dirjen2nya, anggota2 DPR nya hampir 100% muslim,,, tapi nilai2 Islam sering di- injak2, disepelekan, bahkan sering dipinggirkan dalam kehidupan berbangsa…. Kebenaran dibuat Rancu, Blure dan dicampur aduk dengan kebathilan…. Percayalah suatu saat akan datang Azab dari ALLAH SWT. jika keadaan ini tidak kita Perbaiki saudara2ku :-)

  7. imoyusuf Berkata

    Baik Bapak Boediono maupun Ibu Herawati yang mengaku muslim yang taat, tentu di umur yang sekarang ini, dengan melihat kemampuan fisik dan kemampuan kesehatannya, maka saya yakin mereka sudah lama menunaikan ibadah haji, sebagaimana muslim-muslim lainnya yang sangat merindukan untuk dapat menunaikan rukun Islam yg kelima tersebut. Tapi apa kenyataannya, sepertinya keduanya belum pernah dan bahkan mungkin belum terdaftar sebagai calon jemaah haji Indonesia.

  8. oklek33 Berkata

    Lho kok aneh memangnya mau memimpin indonesia harus islam to.? Kok pake pindah pindah kaya transmigrasi aja ?

  9. dianxxx Berkata

    itu semua kan rahasia Allah yang memberikan hidayah kepada siapa saja yang Dia inginkan

  10. Smoga motivasi utk memeluk islam bukan brasal dr kekuasaan, tp dr kyakinan bahwa Islam sbg agama yg benar.

  11. pisangkipas Berkata

    Ooo gitu tho ceritanya, baru tau saya. Saya pikir cuma gosip.

  12. Ir. Purwoko, AAAIK Berkata

    iya itulah manusia banyak yang lupa pertanggungan jawab di akherat itu padahal lebih berat dibanding didunia, tapi karena kalau urusan akherat itu kan masih nanti dan ga kelihatan bagaimana caranya ya akhirnya ga ada yang takut… padahal gusti Allah itu maha melihat dan maha tau apa sing sak njroning ati ….

    he he mugo kita semua ga kepleset wis podo sing ati-ati wae …

  13. ferrylaurensius Berkata

    Mengapa kita selalu meributkan sara? Apakah memang tiada tempat di republik ini untuk orang yang beragama selain Islam? Apakah negara kita ini negara agama? Sadarlah, tidak satu orangpun didunia ini bisa hidup sendiri, keragaman merupakan kekayaan.

  14. thetawvic Berkata

    wah baru saya tahu nih..
    tapi whatever lah, ini kan negara demokratis, so… setiap manusia punya hak minta dipilih. kalau emang katolik, its ok. gw tetep milih tapi yg pasti yg gw contreng adalah ketiganya….. gak sah?, lah emang niat gw begitu hihihihihi bingung sob….

    http://www.tawvic.co.cc

  15. Bank Soal Berkata

    hmmm….no comment dulu

  16. hpijogja Berkata

    Iya lebih baik pindah ke Islam karena kekuasaan daripada pindah dari Islam ke lain islam karena kekuasaan atau tetap memeluk agama non Islam. Bu Hera masih lebih baik dari pada AA Gim kyai pologami dan penganjur biisnis MLM

  17. joseph widi Berkata

    jangan munafik jadi orang hanya karena kekuasaan…
    Jangan pilih pemimpin dan keluarga serta tim sukses yang munafik
    akan membuat hancur bangsa ini

  18. kayaknya gak zina deh. cuma anggepan orang aja kayaknya. soalnya kan kalo cowo kawin sama cewe non muslim, boleh. dengan syarat menjadikannya muslimah.

    kalo cewe kawin ama cowo non muslim, baru deh gak boleh.

    gitu aja sih pengetahuan gw. kalo salah, yaa… maklum. masih belajar.

    salam kenal. salam ganteng dari diazhandsome

  19. sangat SARA sekali , apakah anda tau Biography beliau2 ? karena jika berdasarkan info atau sumber2 saja, saya sebagai seorang MUSLIMAH sangat membenci fitnahan/tuduhan yg kita tidak tahu kebenarannya. Smoga Allah SWT memberi ketabahan dan keikhlasan kepada bu ANi dan bu Hera dalam menghadapi cobaan ini.

  20. Wallohu a’lam..

  21. Bapake Aik Berkata

    Saya setuju tulisan anda, mudah-mudahan pernyataan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring bukan sekedar ingin meraih imbas politik / kekuasaan untuk memperjuangkan missi PKS atau bahkan kepentingan pribadi, ( misalnya biar diangkat jadi Menteri ?). Pasalnya seorang Muslim wajib percaya kepada sesama muslim. Kalau Presiden Partai Keadilan Sejahtera Tifatul SembiringTifatul ternyata berbohong biarlah Allah SWT yang akan memberikan imbalannya. Kalau Tifatul berbohong, artinya slogan PKS yang jujur dan bersih sudah tidak lagi berlaku.
    Artinya kebesaran PKS perlu diragukan lagi, hanya demi kekuasaan lantas ….

    Namanya juga kepentingan politik, kata dapat dengan mudah diganti karena kulakang kata tidak harus mbayar alias gratis.

    Menurut saya, sebenarnya isu bu Hera maupun Bu Kristiani muslimah atau bukan tidak perlu dipersoalkan, tidak harus lantas ujug-ujug muncul dengan pakaian Muslimah kalau hanya untuk membohongi publik. Sebab kalau sudah mengaku Muslimah kewajiban menuntup aurat harus terus dilakukan. Kalau menutup aurat hanya untuk sekedar menhadiri silaturahmi dengan warga Muslim agar dapat menarik simpati, itu sama halnya dengan membohongi publik, atau bahkan menunjukkan pribadi yang tidak punya identitas. betul kata anda demi untuk kekuasaan.

    Sebagai Muslim kita berdo’a saja semoga Bu Hera dan Bu Kristiani akan terus menutup aurat bukan hanya karena menjelang Pilpres dan pilwapres. Setuju ? Lanjutkan lebih cepat Lebih baik !

  22. dheophe Berkata

    Isu belaka belum tentu benar :D
    Soal gak diklarifikasi bisa jadi tim sukses SBY gak mo membesarkan masalah. Bukan jamannya lagi isu kayak ginian :p

  23. Semoga Bu Herawati akan seterunya menjadi muslim, walaupun tidak terpilih manjadi Wakil Presiden nanti.

  24. dokterasli Berkata

    apapun agama mereka sebelumnya
    Islam adalah rohmatallil alamien
    apapun motivasinya
    kita doakan keduanya mendapat hidayah untuk memperbaiki diri
    karena umar, kholid bin walid juga banyak membunuh muslim, setelah mereka masuk islam dan memperbaiki diri mereka menjadi orang terdepan dalam membela islam
    Mari kita doakan kebaikan untuk saudara-saudara kita tadi, terlepas suami-suami mereka menang pilpres ataupun tidak……

  25. Bayu samekto Berkata

    Dasar Bu Hera orang yang mempermaikan agama & perusak agama

  26. Fenomena ini membuktikan betapa sulitnya kehidupan kaum minoritas di negara ini untuk tetap memegang identitas maupun idealis mereka. Suatu peradaban bangsa yang memrihatinkan? Mungkin ini tidak perlu dijawab.

  27. FYI, mantan presiden argentina carloz menem sebelum mencalonkan diri jadi capres argentina seorang muslim tapi kemudian berpindah ke katolik. Jadi.

    Di USA belum pernah ada presiden seorang katolik.

  28. gratisdownloadupdate.wordpress.com Berkata

    ada link berita referensinya? ataukah ini hanya hoax? semoga pembaca lain cukup jeli menyimak informasi :)

    :::Gratis Download Multimedia Sepuasnya:::

  29. alhamdulillah kalau beliau masuk islam, dan mudah-mudahan sadar sedalam-dalamnya bahwa Islam adalah haqqul yaqin bukan karena ingin menaikkan famor dan elektabilitas keberpihakan kepada suami beliau pak budiono sebagai kandidat capres sby, dan bila hal ini terjadi karena haus kekuasaan dan nama besar maka sangat rugilah beliau,
    wallahu alam bissawab

  30. dancesww Berkata

    hahaa.. paling-paling ente bikin posting…

    berita itu ada dasar kebenarannya nggak, jangan2 cuma issue bersifat politis… atapi jika berita itu benar, berarti sudah tercapai dong cita-cita sby dan budiono mewujudkan keluarga yang soleh dan soleha, trus apa yang salah dalam hal ini, lagian hal itu sudah direstui para kiai… biar warga muslim makin banyak lah

  31. catatanmimpisaya Berkata

    Bodoh. Yang penting kinerjanya apa agamanya sih? Suka ga penting deh indonesia ini yg dibahas, susah maju.

  32. ibu ani, ibu hera?

    apa yang ada dalam hatimu?

  33. allah bekerja dengan jalannya yang misterius

  34. Cuma kasih ingatan aja akan peristiwa dalam sejarah islam pertentangan antara muawiyah dan ali ra.

  35. wahyono Berkata

    ikutan no komen dah..atut salah.. :D

  36. Tetap lanjutttkaaaaaaaaaaaaaaannnnn……………..

  37. semuanya tergantung kita, bisakah kita memerangi nafsu yang ada didirikita, karena perang yang paling berat adalah perang melawan hawa nafsu.
    http://sitihotiah.wordpress.com
    masnurhidayat23@yahoo.com

  38. [...] Bu Hera Pindah Agama Karena Kekuasaan Sebelumnya perlu saya jelaskan bahwa tulisan ini tidak bermaksud menjadikannya sebagai isu SARA, karena NKRI dengan [...] [...]

  39. cerdas99 Berkata

    luweh, urusane wong dhuwur

  40. semoga tetap menjadi muslimah meskipun tidak menjadi penguasa..

  41. mudjiatmo Berkata

    Hak yang asasi !

  42. lucu ajah kalo ada orang rela melakukan apapun untuk sebuah kekuasaan.
    Apalagi sampai menipu diri dengan agama.

  43. Menurut saya tidak perlu dibesar-besarkan..dan sebagai negara paling toleran beragama bukannya masalah besar kalau non muslim menjadi pemimpin..

    tapi menurut saya kesimpulan yg punya blog terlalu cepat dan belum disurvei :)
    teman saya ada yang namanya kristiani, kristin, yosep, yohanes, david saya sangka non muslim..e rupanya muslim tulen..
    Saya juga heran kok namanya begitu..kali orang tuannya punya pertimbangan atau tidak tahu itu sering dipakai non muslim..

    biasalah kalau lagi berebut kekuasaan semua keluar..kok dulu gak ada yang komplain?

    di jateng namanya banyak Kris..

    kenapa orang indonesia harus bernama arab? kan indonesia punya budaya dengan nama dari budaya indonesia..ah terlalu picik keimanan seseorang diukur-ukur..jilbab, nama arab, celana dipotong gantung, pakai peci..lama2 orang gak akan pake batik, kebaya, pakaian khas indonesia..kita akan terpelongo..ini di indonesia atau di arab..

  44. bingung nich yang mana yang benar??? tolong dong kasih info yang akurat!! KTPnya kah, kesaksian saudara dan temannya

  45. Bila semua itu benar; semoga mereka bisa menjadi penganut Islam yang paripurna. Berhubungan dengan pilpres, kita semua bebas memilih yang terbaik sesuai dengan kriteia yang menurut keyakinan kita adalah benar.

  46. tidak melakukan klarifikasi? yeah, itu bukan sebuah isu yang penting untuk dipermasalahkan dalam hubungannya dengan pemerintahan, soalnya. ngeributin masalah cetek yang nggak perlu aja malahan nanti kesannya

  47. wah…wah…isu agama ternyata sangat sensitif ya. Saya sendiri dari kecil adalah seorang Katolik. Tapi tak begitu ambil pusing. Bukankah kepercayaan itu sebuah pilihan?

    Salam
    http://UntungNyata.com

  48. hans151 Berkata

    Sorry2 y sebelumnya, Mang kenapa kalau Bu Hera Pindah Agama kek, mau pulang kek, mau tidur kek. Apa urusan nya. Kan negara ini demokrasi, dan ada Undangnya kalau kita bebas memeluk agama. Obama aja bisa jadi Presiden USA, padahal dia adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden. Bagaimana bangsa kita, apa bisa BANGSA KITA DI PIMPIN DENGAN ORANG YANG BERAGAMA HINDU, KATOLIK, KRISTEN ATAUPUN BUDHA…….?????????

  49. sayangnya tidak disertakan bukti otentiknya ya di artikel ini…
    kalo saya pribadi lebih baik berbaik sangka daripada berburuk sangka tanpa alasan yang kuat….

  50. Alhamdulillah masuk Islam, kembali ke fitrah manusia bahwa Allah is only One : 1. Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. 2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu 3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, 4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” Q.S Al Ikhlas 1-4 dan dalam An Nashr 1-3 : 1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, 2. dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, 3. maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

  51. Eka Nugraha Berkata

    maap kadang saya heran, kenapa isu agama selalu jadi hal sangat luar biasa? bukan saya tidak menghargai agama. tapi buat saya masalah agama ini bukanlah sesuatu hal yang patut diperdebatkan besar2an.

    saya bisa memaklumi karena indonesia bukan negara liberal yang masalah pribadi kadang bisa jadi ranah publik, seperti masalah agama ini. tapi dalam pandangan saya kalau memang orangnya baik, bisa memimpin apa salahnya dia islam atau bahkan tidak beragama sekalipun? asalkan dia punya toleransi. bukankah kita sebagai muslim dan manusia indonesia juga diajarkan untuk tenggang rasa?

    jadi saya harap kita nikmati saja proses demokrasi ini, siapapun yang terpilih ya itulah pilihan rakyat. bagaimanapun latar belakangnya. :)

  52. nice info gan.
    baru ngerti saya.
    kecewa aja mendapati bahwa capres menggunakan “segala cara” untuk mendapatkan massa.

  53. Alhamdulillah,ada lg yg muallaf.Yaa Allah,klo skirax ada hamba muallaf bukan krn murni mngharap ridho-Mu maka berilah balasan yg stimpal.Bila dia termotivasi kekuasaan mk jauhkan dia dr kekuasaan itu,bila dia menginginkan harta mk berilah ia kemiskinan,klo dia termotivasi dunia mk jauhkan dia dari kbahgiaan dunia-Mu namun bila dia termotivasi meraih ridho-Mu maka berilah ia reski secuil kekuasaan yg dpt mnjdi teladan meraih kebahagiaan dunia-akhirat.AMIIN AMIIN AMIIN YRA.

  54. duh indah nya hidup di negara Islam Indonesia, semua yang non Islam adalah salah, apalagi yang beragama Katholik, kasian deh gw jadi kaum yang dipersalahkan terus… merdeka!

  55. hebaaat..!!
    smoga kita dapat mengambil hikmah dari pristiwa tsb.
    amiin.

  56. Supriyanto Berkata

    Dalamnya hati siapa yang tahu?

  57. yacob chudory Berkata

    kalau tidak tahu sebaiknya tidak komentar karena hanya akan memperkeruh suasana..

  58. sayang tidak ada penjelasan yg valid tentang statement masuk keagama islam … disitu hanya menjelaskan dari beria2 …yg saya tangkap hanya demikian kira2 bucapres masuk islam ….. data yg kurang bagus …demikan menurut saya

  59. Wah cukup prihatin kalau kenyataannya begitu, pantas saja Indonesia terus2an dilanda musibah, aku kira demikian….. pimpinanannya saja juga tidak mau terus terang/jujur…. kok bisa2nya nuntut terus orang lain suruh jujur.

  60. Maaf saya masuk ke blog anda tanpa di undang, saya bukan lah pendukung SBY, tetapi saya hanya mengklarifikasi pernyataan anda tidak ada muslim yang mempunyai nama kristiani..
    Saya sendiri orang batak, punya pergaulan sangat luas, saya punya teman asli padang yang bernama Immanuel dan Johannes..
    Menurut saya, apalah atri sebuah nama, jika seseorang bernama muhammad pergi ke gereja dan menjadi kristen apakah akan menghalangi niatannya ke gereja, atau Johannes yang beragama Islam menjadi tidak bisa ke mesjid karena namanya..
    what is the name, begitu kata william shakespear..
    Saya hanya meralat perkataan anda yang mengatakan tidak mungkin muslim taat bernama seperti kristen…
    Tetapi saya tidak setuju dengan perilaku orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan..(mungkin ibu herawati)..

    Thx sebelumnya

  61. by jabon :

    wah saya salut men sama bu hera …. salam kenal

    jabon

  62. salut dan cocok diacungin jempol untuk orang-orang yang karena cinta dan harta mau meninggalkan keyakinannya (untuk agama apapun)..jarang ada orang yang mau dan bisa meninggalkan Tuhan-nya untuk hal-hal seperti itu…

    abrakadabra

  63. indonesia berduka tiap tahun bumi nya yang sudah tua kah atau buminya yang tidak mau dipimpin oleh pemimpin saat ni……salah sapa y???????

  64. Oh jadi inilah penyebab musibah bertubi2 di Indonesia, ketika istri para pemimpin negeri ini menjual Tuhannya demi kekuasaan, tidak ada hamba yg bisa mengabdi pada 2 tuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: